Pentingkah Kriteria `Minimal Lulusan D3/S1 Semua Jurusan` Di Iklan Lowongan Kerja ?!

0 12


Anda yang ketika ini tengah berniat untuk mencari pengalaman gres atau Anda yang gres saja menuntaskan sekolah alias gres lulus, niscaya kini lagi sibuk mencari iklan lowongan kerja.

Kegiatan mencari iklan lowongan pekerjaan ibarat ini memang dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari membaca koran, tiba eksklusif kepada agen/penyalur tenaga kerja, hingga mencari informasinya melalui mesin pencari di internet.

Fenomena yang sudah usang dijumpai dan niscaya pernah Anda temukan yaitu kriteria/ syarat pada iklan lowongan pekerjaan ibarat beberapa kalimat yang tertulis ibarat :

– Lulusan D3/S1 Semua Jurusan
– Pendidikan : S1 Segala bidang
– Pendidikan Minimal S1
– Pendidikan Minimal D3 (Sedang melanjutkan S1)
– Pendidikan Terakhir Min D3
– Minimal Lulusan S1 dari Segala Jurusan
– dan masih banyak lagi kalimat lain dengan makna serupa

Point yang kami tulis diatas bukanlah sebuah iklan, melainkan beberapa kalimat yang biasa ditemukan pada iklan lowongan kerja yang entah maksudnya bagaimana. Sekalipun yang dicari yaitu bab Accounting, syarat pendidikan yang tertulis terkadang hanya ibarat kalimat-kalimat diatas. Coba bayangkan bila seandainya yang melamar kerja semuanya lulusan teknik pertanian kemudian diterima sebagai accounting, apa mau dikerjakan pakai metode hydrophonik tuh laporan keuangannya ?

READ  Tidak Apa-Apa Cuma Lulusan Smk. Toh Sarjana Belum Tentu Punya Kualifikasi Dewa!

Sadar ataupun tidak, kalimat-kalimat dengan nada/makna ibarat diatas seringkali dijumpai diberbagai iklan lowongan pekerjaan. Apa maksud dari pencantuman syarat dengan kalimat tersebut ? Entahlah.

Baca Juga : Alasan Kenapa HRD memperlihatkan kriteria `Minimal Lulusan D3/S1 Semua Jurusan` 

Sebagian perusahaan tampaknya masih berasumsi bahwa asal lulusan S1 atau pernah berguru di sekolah tinggi tinggi, mereka dapat melaksanakan pekerjaan umum yang diberikan. Hal ini boleh jadi betul, tetapi dapat juga salah sasaran.

Idealnya, tidak ada lagi mahasiswa yang kuliah asal-asalan untuk mencari gelar dan mengesampingkan kompetensi yang seharusnya dikuasai ketika lulus. Sebaliknya, Perusahaan yang berniat untuk merekrut Karyawan dibutuhkan dapat lebih menghargai keterampilan yang dimiliki calon pekerjanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.