Kenali Lebih Dekat Pipa Schedule, Karakteristik, dan Jenisnya!

0 0

Kenali Lebih Dekat Pipa Schedule, Karakteristik, dan Jenisnya! – Bagi Anda yang berkecimpung pada bidang industri dan kontruksi, pastinya sudah tak asing lagi dengan pipa schedule? Ya, pipa schedule merupakan salah satu jenis pipa yang sering digunakan pada proyek-proyek industri dan kontruksi. Biasanya, pemasangan pipa jenis ini memanfaatkan fitting (sambungan) dengan ukuran fitting pipa tergantung dengan ukuran pipa yang digunakan. Semakin besar pipa, tentu ukurannya akan semakin besar pula.

Nah, bicara mengenai pipa schedule, maka di bawah ini akan dijelaskan mengenai karakteristik dari pipa schedule, jenis, dan kegunaannya!

Karakteristik dari Pipa Schedule

Melansir dari salah satu blog, pipa schedule atau “Sch” merupakan pipa yang dimanfaatkan untuk mengalirkan berbagai jenis cairan. Pipa jenis ini biasanya menggunakan standarisasi dari ANSI (American National Standars Institute) yang berkaitan dengan ketebalan pipa. Ketebalan pipa satu ini dipengaruhi oleh ukuran diameter terluar pipa (outside diameter atau OD) serta diamater dalam pipa (inside diameter/ID). Umumnya, pipa jenis ini memiliki nomor dan variasi berbeda dalam setiap nominal pipe size atau NPS.

READ  Fenomena Sarjana Tanpa Kompetensi Hidup Enggan, Mati Tak Mau

Jenis Pipa Schedule

Terdapat beberapa jenis pipa schedule yang kerap digunakan dalam mengalirkan berbagai cairan, baik di bidang industri maupun kontruksi, misalnya:

Pipa Schedule 40.

Pipa shedule 40 merupakan jenis pipa yang memiliki ukuran 40. Pipa jenis ini terdiri dari dua jenis, yakni pipa UOE dan pipa tanpa sambungan. Untuk pipa UOE sendiri merupakan jenis pipa yang dibuat dengan cara dilengkungkan dengan mesin rol kemudian dibentuk menjadi sebatang pipa lalu dilakukan pengelasan pada setiap ujungnya. Sedangkan, pipa tanpa sambungan adalah pipa yang tidak memiliki sambungan karena terbuat dari silinder baja pejal yang bagian tengahnya dilubangi.

Pipa Schedule 80.

Sama halnya dengan pipa Sch 40, pipa jenis ini dibentuk tanpa menggunakan sambungan (seamless pipe). Proses pembentukannya sendiri adalah melengkungkan pipa dengan mesin rol lalu terbentuklah sebatang pipa dan baru kemudian dilas.

Selain itu, terdapat pula jenis lainnya seperti Double Extra Strong (XXS), Extra Strong (XS), Standard (STD).

Kegunaan Pipa Schedule

Pipa schedule kerap digunakan pada proyek-proyek kontruksi maupun berbagai industri layaknya pipa galvanis, pipa hitam, dan sebagainya. Pipa satu ini sering digunakan untuk mengalirkan berbagai jenis fluida, rangka, dan tiang penyangga.

READ  Pentingkah Kriteria `Minimal Lulusan D3/S1 Semua Jurusan` Di Iklan Lowongan Kerja ?!

Gimana? Tertarik menggunakan pipa schedule ini untuk industri Anda? Dapatkan informasi seputar jenis, tipe dan tips seputar pipa, segera buka website rucika.co.id.

Leave A Reply

Your email address will not be published.